×

Alamat Kami

SEO Room Piranti
Jl. Pejaten Raya No.1 Pasar Minggu Jakarta Selatan 12540
Indonesia Telepon : 62 21- 7948626 / 7996050
WA : 08387 567 8000

Sebagian besar dari kita pasti sudah mengetahui apa itu #SEO (Search Engine Optimization). SEO adalah serangkaian usaha yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik pada mesin pencari, terutama Google. Halaman website yang memiliki ranking yang baik di halaman pencarian Google tentunya akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak visitor potensial terus menerus secara gratis.

Bila kita mengetikkan sebuah kata kunci di halaman pencarian Google, kita akan melihat list website yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Halaman website/ blog yang teroptimasi dengan baik dan berada pada urutan atas (posisi 1 – 4) biasanya akan mendapatkan pengunjung lebih banyak dibandingkan dengan website yang berada di urutan bawah dari hasil pencarian.  Perlu kita perhatikan, yang saya maksud dengan website/ blog yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO adalah website yang berada di urutan atas hasil pencarian organik (Organic Search), bukan website yang memasang iklan di Google (Google Ads). Lihat gambar,

manfaat-seo-bagi-sebuah-bisnis

Apa Manfaat dan Keuntungan SEO Bagi Sebuah Bisnis?

Semua bisnis pasti harus punya profit, right? Berbagai cara dilakukan pengusaha untuk meningkatkan keuntungan perusahaan mereka, baik dengan melakukan pemasaran offline maupun melalui internet marketing. Berikut ini adalah beberapa manfaat SEO dalam pemasaran online sebuah bisnis:

1. Mendatangkan Trafik Potensial ke Website Bisnis

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa halaman website yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO akan mendapatkan peringkat yang baik juga di mesin pencari, misalnya #Google. Semakin baik posisi halaman website Anda di Google maka peluang untuk mendapatkan pengunjung (trafik) potensial akan semakin besar. Pengunjung potensial inilah yang nantinya akan menjadi calon customer bisnis Anda.

Mengapa saya menyebutkan trafik dari Google adalah trafik potensial? Tidak semua sumber trafik memberikan benefit bagi bisnis Anda, apalagi bila trafik tersebut berasal dari website-website auto surf yang memberikan visitor bot ke website Anda. Trafik seperti ini sama sekali tidak ada gunanya bagi perkembangan bisnis Anda, trust me!

Para pengguna Google biasanya mengetikkan kata kunci unik ketika mereka mencari produk yang mereka butuhkan, atau mencari informasi bermanfaat untuk memberikan solusi pada masalah mereka. Nah ketika mereka menemukan website bisnis Anda melalui Google yang notabene selalu menampilkan hasil pencarian berdasarkan kata kunci, maka kemungkinan besar mereka akan menjadi customer karena mereka menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Trafik potensial ini akan datang terus menerus ke website Anda secara gratis dan akan membantu meningkatkan jumlah customer dan penjualan bisnis Anda.

2. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda

Brand Awareness adalah kemampuan calon pembeli atau konsumen untuk mengenali maupun mengingat sebuah merek. Semakin terkenal sebuah merek pada niche tertentu maka kemungkinan intensitas penjualan juga akan semakin besar. Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan Brand Awareness sebuah bisnis. Salah satunya adalah dengan optimasi website di mesin pencari (SEO).

Ketika pengguna internet mencari informasi yang berhubungan niche Anda melalui Google dan menemukan informasi bermanfaat di website Anda maka kemungkinan besar mereka akan mengingat halaman website yang memberikan informasi berharga tersebut, yaitu website Anda. Semakin banyak orang yang membuka website Anda dari mesin pencari maka merek bisnis Anda juga secara otomatis akan semakin terkenal, setidaknya dikalangan para pengguna internet.

 

 

3. Mendapatkan Data Customer Anda dengan Gratis

Banyak pengusaha online yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk memasang iklan di berbagai media periklanan dengan tujuan untuk mendapatkan data kontak (email, nomor ponsel, alamat, dan lainnya) calon customer ataupun pelanggan setia bisnis mereka. Apa manfaat data kontak ini? Dengan mengetahui data calon customer maka akan lebih mudah untuk menghubungi mereka ketika kita mengeluarkan produk baru atau ingin memberikan penawaran promosi khusus untuk menjual produk lama. Intinya, kita tetap bisa terhubung dengan customer setiap saat.

Bila website Anda berada pada posisi teratas di mesin pencari maka akan lebih mudah untuk mendapatkan data customer tersebut, dan tentu saja gratis. Tentunya kita membutuhkan layanan lain untuk menyimpan data base customer tersebut, misalnya layanan autoresponder untuk membangun email list customer kita.

Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat SEO bagi bisnis Anda, dan menurut saya 3 poin di atas adalah yang paling penting. Masing-masing orang akan merasakan manfaat SEO bagi bisnis mereka ketika sudah mengalaminya sendiri, yang pasti bisnis Anda akan lebih stabil jika website Anda teroptimasi dengan baik di mesin pencari.

Apa Saja yang Dilakukan Dalam Kegiatan SEO?

Di dalam strategi SEO, ada dua hal PENTING yang harus dikerjakan oleh seorang internet marketer, yaitu: SEO On Page dan SEO Off Page. Yuk kita bahas lebih jauh.

1. Apa Itu SEO On Page

SEO On Page adalah sebuah upaya optimasi website yang dilakukan dari sisi website itu sendiri. Dengan kata lain, upaya optimasi yang dilakukan oleh seorang pemilik website/ webmaster dengan mendesain website yang SEO Friendly. Beberapa elemen penting yang terdapat dalam SEO On Page antara lain:

  • Riset keywords,  untuk menemukan kata kunci utama dan kata kunci pendukung yang paling relevan dengan niche website yang akan dibuat.
  • Membangun website dengan struktur yang baik, tampilannya menarik, dan load-nya cepat
  • Menggunakan Title Tag yang baik untuk homepage dan judul konten
  • Menambahkan description yang relevan dengan website
  • Membangun konten yang bermanfaat bagi audiens
  • Mengatur URL (permalinks) yang SEO Friendly
  • Menggunakan Heading dengan baik (H1, H2, H3, H4)
  • Mengatur navigasi website sebaik mungkin
  • Membangun internal links
  • Menambahkan keywords pada penamaan gambar/ image
  • Dan lain-lain

2. Apa Itu SEO Off Page

SEO Off Page adalah upaya optimasi website yang dilakukan dari luar website yang dibangun. Sebuah halaman website yang SEO On Page nya sudah bagus perlu didukung dengan optimasi dari luar website itu sendiri. Optimasi off page dilakukan dengan cara membangun links (backlinks) dari situs lain menuju website yang dioptimasi. Beberapa jenis links yang biasa dibangun untuk meningkatkan popularitas sebuah website di internet antara lain:

  • Links dari media sosial (Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain)
  • Links dari web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, dan lain-lain)
  • Links dari forum online (Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas, dan lain-lain)
  • Links dari situs social bookmark (Lintas.me, Diigo.com, Folkd.com, dan lain-lain)
  • Links dari kegiatan blogwalking (berkomentar di blog orang lain)
  • Links dari website yang menerima guest blogger
  • Dan lain-lain

Sumber :maxmanroe dot com

hacker tertangkap

Hacker Indonesia . Otak pelaku sindikat hacker atau peretas remaja terhadap situs jual beli tiket dan Voucher Hotel online , tiket. com senilai Rp 4,1 miliar akhirnya dibekuk polisi.
Haikal alias SH (19) ditangkap petugas Cyber Bareskrim Polri di perumahan Pesona Gintung Residen, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (30/3/2017) siang.
Tiga anak buahnya lebih dulu dibekuk di Balikpapan, Kalimantan Timur, dua hari lalu.
Haikal terbilang hacker indonesia hebat. Sebab, usianya baru 19 tahun dan hanya lulusan SMP.
Tapi reputasinya di dunia hacker tidak main-main. Ia sudah meretas lebih dari 4.600 situs.
Mulai dari situs pemerintah pusat hingga daerah, bahkan situs institusi Polri juga pernah dijebolnya.
Hal itu disampaikan Kanit III Subdit I Direktorat VI Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri, AKBP Idam Wasiadi, saat dihubungi Tribunnews.com, Kamis (30/3/2017).
“Dari pemeriksaan ketiga tersangka, SH selaku pembobol telah berhasil membobol lebih dari 4.600 situs. Di antaranya situs milik Polri juga ada, situs milik pemerintah pusat dan daerah, beberapa situs luar negeri dan bahkan situs ojek online juga dibobol,” ungkap Idam.
Haikal tidak semata mencari keuntungan saat ingin menjebol suatu situs.

candra haksono
Tapi, ia juga sering meretas suatu situs, seperti situs lembaga tertentu, demi “unjuk gigi” di dunia hacker, khususnya komunitas komunitas Hacker Indonesia .
“Untuk menunjukan kelasnya, dia bisa membobol situs tertentu dengan mudahnya,” katanya.
Yang tidak kalah hebat lagi, Haikal punya kemampuan meretas situs hanya belajar artikel-artikel di mesin pencari Google secara otodidak.
Kadiv Humas Mabes Polri Rikwanto dalam jumpa pers mengaku kaget begitu tahu situs institusinya dijebol oleh Haikal yang hanya seorang lulusan SMP.
“Kami baru tahu kalau situs kita dikerjain oleh seorang lulusan SMP,” kata Rikwanto seraya tersenyum.

 

di kutip dari https://batam.tribunnews. com

Incoming search terms:

  • hacker ditangkap

GROWTH HACKING, GROWTH HACKER..

hmm..pernah dengar istilah tersebut? ya mungkinan di indonesia masih jarang terdengar atau masih terdengar awam di kuping masyarakat indonesia, sebagai pembuka saya akan coba menjelaskan perbedaannya dulu, apa sih growth hacking itu trus apa itu growth hacker? perbedaannya apa? mana istilah yang benar diantara keduanya?well semuanya bener perbedaannya simpel aja bos, growth hacker itu adalah para pelaku atau sebutan untuk orang-orang yang melakukan growth hacking. Nah loh trus growth hacking itu apaan?..itu dia yang mau saya bahas dan bantu menjelaskan di artikel ini, mengenai apa itu growth hacking dan contoh kegiatannya

GROWTH HACKING adalah teknik pemasaran yang dikembangkan oleh perusahaan di bidang teknologi yang menggunakan kreativitas, berpikir analitis, dan metrik sosial untuk menjual produk dan mendapatkan eksposur. Hal ini menjadikan growth hacking menjadi sebuah bagian dalam ekosistem pemasaran online, Seperti yang telah terlihat dan teruji bahwa GROWTH HACKER ( Orang yang ahli dan menggunakan strategi growth hacking) sangat pandai dan ahli dalam menggunakan teknik seperti optimasi mesin pencari (SEO), menganalisa website,pembuatan konten marketing dan pengujian A / B.

apa itu growthhacking

Para growth hacker sangat menyukai experiment, mencari sebuah cara marketing/pemasaran yang lebih murah biayanya dan mengupgrade atau mencari sebuah inovasi dari cara pemasaran yang tradisonal dan sudah umum digunakan, contohnya seperti ini, anda pasti pernah mendengar dua kata ini “ARISAN” “JUALAN DARI MULUT KE MULUT”, pernah denger kan ibu-ibu yang demen banget arisan akhirnya bisa menghasilkan uang dari jualan kebaya,tupperware dll melalui arisan atau komunitas lainnya, Jualan dari mulut ke mulut,mouth to mouth, speak to speak, promosi bibir, atau apapun itu istilah yang digunakan di daerah anda itu merupakan sebuah cara lama yang masih digunakan dan sangat ampuh di dunia marketing modern saat ini.

EXPERIMENT

Para growth hacker menyadari bahwa marketing dengan cara mulut ke mulut sangat efektif apabila kita ingin menjual sesuatu pada tempat yang bernama “society” atau “komunitas”, sayangnya suatu komunitas pasti terbatas jumlah kepalanya, masa iya kita mau ikut beberapa komunitas dulu untuk menjual suatu produk atau jasa, Fine.. mungkin untuk beberapa orang itu berhasil tapi sangat memakan waktu dan biaya (biaya perjalanan ke tempat komunitas, biaya make up :p, rugi waktu ) hal ini lah yg kemudian dilihat oleh para growth hacker yg akhirnya menggunakan sebuah SOCIAL MEDIA (komunitas) dengan tanpa biaya dan menggunakan cara VIRAL MARKETING ( mulut-ke mulut) untuk memasarkan sebuah produk/jasa atau sebuah merek.

” Doing SEO, SEM or social media marketing isn’t “growth hacking.” It’s just marketing. Problem is some marketers & start-ups don’t get that” .

Source : Danny sullivan, Founding Editor – &

SSebenarnya, kalau dipikir lebih jauh, aktivitas growth hacking ini sudah ada sejak lama, cuma biasanya disebut proses Frugal marketing, Lean marketing dan banyak istilah lainnya. Namun pada dasarnya adalah untuk meningkatkan jumlah pengguna melalui metodologi dan eksperimen yang terukur.

 

growth hack class

Intinya seperti ini Growth hacking sangat penting untuk bisnis yang baru yang ingin memulai sebuah branding dan sudah banyak sekali perusahaan-perusahan besar yang menggunakan cara contoh : Facebook, Twitter, LinkedIn, AirBnB ,Dropbox kalau diindonesia seperti keripik pedas nya maicih, kaskus,tokopedia dll, dan diantara nya bahkan menyediakan jabatan resmi dan umum untuk para growth hacker, mengapa demikian, Metode yang mereka gunakan terbukti dapat mempercepat proses branding dan lebih sedikit memakan biaya promosi.

Cerita sukses Growth Hacking yang paling legendaris adalah cerita yang dialami founder Hotmail ketika mereka mendirikan perusahaannya tahun 1996 silam. Ketika Hotmail diluncurkan, pertumbuhannya terbilang sangat lambat sehingga para foundernya memutuskan untuk beriklan di bilboard dan iklan radio untuk mendongkrak pertumbuhan pengguna Hotmail. Namun investor mereka, Tim Draper memiliki ide yang lebih baik dengan menambahkan promosi Hotmail di “signature” email yang dikirim oleh pengguna.

“PS: I love you. Get your free e-mail at Hotmail“, kalimat sederhana ini (disertai link ke website Hotmail) dengan pesat meningkatkan jumlah pengguna Hotmail ke angka 1 juta pengguna dalam waktu 6 bulan. Salah satu founder Hotmail, Sabeer Bhatia, mengirimkan satu email ke koleganya di India dan dalam waktu 3 minggu saja Hotmail sudah menambah 300.000 pengguna di India. Sebelum diakuisisi Microsoft, Hotmail memiliki 12 juta pengguna di masa dimana hanya terdapat 70 juta pengguna internet di seluruh dunia.

growth hack class

Sumber : id.Prooyo. com

Incoming search terms:

  • belajar hacker marketing
  • belajar strategi hacker

Melihat perkembangan Digital hingga saat ini yang sangat signifikan, telah menciptakan pola kehidupan yang baru di masyarakat. Ketergantungan seseorang terhadap internet agaknya sudah menjadi budaya baru. Bayangkan saja dari waktu bangun tidur sampai 2 menit sebelum tidur , terkadang masih berinteraksi dengan smartphone nya dengan alasan yang berbeda. Ada yang ber Sosmed ria, ada yang cek email, video streaming, chatting dan sebagainya.

Buat saya sebagai seorang pelaku UKM ini adalah peluang untuk meluaskan bisnis yang saya tekuni. Alasan nya sangat jelas. Melihat dari pengguna facbook yang Milyaran di dunia, dan lebih dari 75 juta pemakai di Indonesia, Instagram yang sudah mencapai lebih 30 Juta, belum lagi platform lainnya, ini sangat memungkinkan kita menjual barang apapun jenisnya.

Bayangkan saja penduduk Singapura yang hanya 5 juta, pemakain Sosial media di Indonesia jumlahnya lebih dari 14 X penduduk Singapura , Wooww. Tentunya ini adalah pasar yang besar dan sangat majemuk. Artinya kita bisa membangun bisnis dengan menggunakan platform , contoh saja melalui media Sosial saja pun mungkin tak akan habis pasarnya dalam waktu yang lama. Artinya Bisnis Online itu bisa Survive kalau kita memahami ilmu nya.

Memang kita masih sering mendengar terjadi perdebatan argumen tentang kenapa harus Bisnis Online , apa kelebihan nya dari Bisnis Offline ( Konvensional ), khususnya untuk yang mau memulai usaha atau UKM dengan keterbatasan modal.

Yuk mari kita lihat perbedaan mendasar antara Bisnis Online dan Bisnis Offline dari berbagai alasan .

1. Modal Usaha

Bisnis Online membutuhkan modal yang bisa dikatakan lebih murah, karena biaya awal yang dibutuhkan untuk membuka toko online Bahkan hampir bisa dikatakan gratis.
Bisnis Offline jelas membutuhkan persiapan yang matang untuk modal. Anda harus menyiapkan modal untuk sewa gedung yang semakin hari semakin mahal. Harus sapkan modal untuk beli barang yang akan anda jual di bisnis offline anda.

Sekedar Ilustrasi Saja . Jika Saya ingin membuka suatu usaha  toko kelontong saja , saya harus mempersiapkan dana awal terlebih dahulu untuk keperluan Sewa gedung, stock barang, listrik, pegawai dan alat penunjang lainnya seperti kendaraan untuk antar barang, alat pendingin makanan dan minuman dan lain lain.

Mungkin saya akan menghabiskan 25-100 juta , tergantung besar kecil nya toko tersebut.

Setelah toko jadi dan stock tersedia dengan rapih , masih kita di hadapkan dengan pertanyaan, setelah ini ada yang beli atau tidak ???, barang mana nanti yang laku dan barang mana nanti yang tidak ada yg beli sampai akhirnya kadaluarsa ?

Nah , dengan Digital Marketing , jelas modal yang di keluarkan sangatlah sedikit , dan kita bisa tahu dulu barang apa yang banyak orang cari ,target nya dimana, jangkauannya kemana dan sebagainya hanya dengan sedikit modal untuk split test di awal. Setelah kita akan tahu barang apa yang banyak diminati orang , barulah kita membuat Website , Blog, Fanpage dan sebagainya untuk menawarkan apa yang hendak di jual . Dan diringi dengan stock barang yang sudah di Split Test tadi. Atau bahkan bisa juga dengan Dropshipping , artinya tidak ada stock barang sama sekali atau cuma sample saja.
2. Jangkauan Pemasaran

Bisnis Online mempunyai jangkauan yang sangat luas. Anda berkesempatan mendapatkan pembeli dari seluruh Indonesia bahkan dunia. Kenapa demikian ? , Ya Karena Platform Internet sangat memungkinkan untuk itu. Mengingat pemakai internet sudah hampir merata di seluruh negara di dunia.
Sedangkan Bisnis Offline yang dengan modal terbatas, jangkauannya lebih sempit, mungkin hanya pada orang-orang disekitar toko atau daerah tersebut saja.
3. Waktu Yang Tak Terbatas

Bisnis Online tidak terikat oleh waktu. Buka 24 jam. Bahkan saat anda sedang tidurpun bisa saja anda akan mendapatkan transaksi. Karena semua pesanan dapat di setting melalui Order Tunggu, Email, Chating Otomati dan sebagainya.
Bisnis Offline hanya bisa buka dengan waktu yang terbatas , sangat jarang di temui bisnis offline yang buka 24 jam, pun kalau ada pasti costnya cukup besar, anda harus memiliki pegawai shift2an , anggaran listrik yang lebih dan sebagainya. Belum lagi masalah resiko keamanan.
4. Sistem Pemasaran

Bisnis online tidak membutuhkan sistem pemasaran yang rumit sepetrti harus mengeluarkan modal untuk cetak brosur , Marketing, Sales Call, Proposal dan sebagainya, anda cukup melakukan promosi dengan memanfaatkan social media seperti, Email Marketing, SEO dan sebagainya.
Bisnis Offline masih membutuhkan dan memakai sistem cetak brosur, iklan media cetak, baligo, pemasangan baner, pameran  dan lain lain yang membutuhkan modal tidak sedikit .

belajar digital marketing
5. Jenis Produk

Bisnis Online bisa menjual berbagai jenis produk. Namun akan lebih murah menjual jenis barang yang lebih spesifik, karena orang mencarinya sesuai dengan barang yang sedang dibutuhkannya di internet. Bahkan dengan hanya memaparkan gambar barang dengan spesifikasi yang lengkap tanpa harus stock barangpun bisnis anda sudah bisa berjalan.
Bisnis Offline bisa menjual berbagai jenis barang dalam satu toko, namun tentunya akan terbatas pada tempat dan penyediaan stock barangnya dan tentunya jika barang yang di sediakan sangat banyak dan beragam, artinya anda memerlukan modal yang tidak sedikit juga.
6. Produk / Barang dan Jasa Yang Dijual

Bisnis Online tidak harus stock produk, anda bisa memilih sistem dropship. Jumlah barangnya juga bisa disesuaikan dengan permintaan dari pembeli anda
Bisnis Offline, anda harus mempunyai stock barang yang akan dipasarkan dan anda perlu mencermati barang apa yang sebaiknya anda stock, dan hal itu tergantung pada permintaan pasar terhadap produk tersebut, karena jika tidak anda bisa saja membuat pemumpukan barang digudang sementara permintaan sedikit atau sebaliknya.
7. Cara Pembelian

Bisnis Online melakukan cara pembeliannya dengan online saja, tidak perlu terjadi tatap muka, bahkan dengan mengunakan payment gateway, anda tidak harus memikirkan uang kembalian, handle secara langsung, dan sangat memudahkan pembeli melakukan transaksi baik debet atau pun kartu kredit secara sistematis.
Bisnis Offline melakukan cara pembeliannya dengan tatap muka langsung dengan pembelinya. Satu pembeli di handle satu orang langsung. Bayangkan saja kalau pembelinya ada 50 orang satu saat yang bersamaan, artinya anda harus  memiliki kasir berapa orang ?.
8. Karyawan 

Bisnis Online tidak membutuhkan banyak tenaga kerja untuk mengerjakannya, bahkan jika anda pemula, anda hampir tidak membutuhkan karyawan sama sekali, anda bisa menghandlenya sendiri
Bisnis Offline sangat membutuhkan tenaga kerja bantuan, apalagi anda baru awal buka toko, anda pasti akan membutuhkan bantuan orang lain untuk membereskan barang dan menyiapkan segala sesuatunya ditoko offline anda sebelum anda mulai menjual barang dagangan anda di toko offline anda.

seo-imers-juli-tito
9. Minimalis Kegagalan

Bisnis Online lebih sedikit tingkat resiko kegagalannya. Melihat dari sedikit modal yang di keluarkan , disini kita bisa meminilais kerugian yang terjadi.
Bisnis Offline akan sangat terasa jika kita mengalami kegagalan. Sering sekali kita dengar dan lihat usaha yang belum berjalan 1 tahun, bahkan hanya beberapa bulan sudah gulung tikar. bayangkan saja dari sewa tempat saja sudah berapa yang terbuang, belum lagi stock barang , pegawai dan sebagai nya.
10. Pindah Tempat Usaha atau Buka Cabang Baru di Lokasi Lain

Bisnis Online bisa meluaskan Usaha nya ( Up Sacling) dengan menambah website saja untuk produk yang berbeda. Dan Jika ingin meluaskan Pasar , kita hanya perlu merubah target lokasi ke tempat yang lain. Misal Usaha A sudah berjalan dan Pasarnya di kota Jakarta. Nah ketika kita ingin memasarkan ke Kota bandung, Kita cukup memindahkan target customer berdasarkan logic Map, maka target iklan kita akan bisa dilihat orang yang berada di Kota Bandung hanya dalam hitungan menit saja.
Bisnis Offline jika ingin meluaskan usaha ke Kota / Daerah lain, artinya anda harus membuka tempat usaha baru disana. Tentu bukan hal yang mudah, banyak perencanan , modal yang besar dan pengorbanan waktu yang cukup.

vidy-instagram

Demikian kira kira perbedaan Bisnis Online dan Offline yang sangat nyata untuk kelas UKM yang biasanya terkendala Modal dan Networking .

Semoga Bermanfaat dan menambah wawasan apa itu pentingnya memahami Digital Marketing .

Oh iya satu lagi , khusunya rekan UKM, dan tman2 pebisnis yang belum Online, kalau sudah baca dan memahami artikel ini masih nggak mau ” MELEK DIGITAL “?

 

Candra Haksono

Digital Marketer

 

 

tks for rosaline blog

Incoming search terms:

  • perbedaan bisnis online dan offline
  • perbedaan sistem perusahaan online dan offline
  • Jelaskan perbedaan pemasaran luring dengan bisnis online
  • perbedaan bisnis online dan ofline
  • perdebatan antara bisnis offline dan online
  • apa perbedaan bisnis online dan bisnis offline
  • 3 perbedaan bisnis onlime dengan bisnis offline
  • perbedaan penjualan online dan offline
  • bentuk usaha konvensional dan online itu artinya apa?
  • perbedaan pemasaran luring dengan bisnis online
  • perbedaan bisnis online dan bisnis secara langsung
  • Perbedaan bisnis noline
  • target konsumen bisnis online dan ofline
  • contoh bisnis konvensional dan bisnis online
  • Cara bisnis online secara offline
  • bisnis online dan offline
  • bisnis online dan bisnis offline
  • bentuk usaha pekerjaan offline luring
  • Apa perbedaan pemasaran online dan pemasaram offline
  • 5 perbedaan bisnis online dan bisnis offline

Digital marketing adalah serangkaian proses pemasaran yang memanfaatkan semua saluran digital yang tersedia untuk mempromosikan suatu produk atau jasa atau juga membangun suatu merek secara digital. Datangnya era digital marketing telah merubah konsep pemasaran tradisional dari iklan di Koran, majalah dan kertas menuju iklan di saluran digital sepertil sosial media, iklan PPC, periklanan secara digital, dsb.

Saluran digital marketing meliputi : website, apilkasi berbasis sosial media, penempatan banner, email pemasaran, pemasaran melalui perangkat mobile, iklan pay per click, SEO, Web TV,SMS, Billboard, dan hal lainnya yang berhubungan dengan sarana digital.

digital marketing

Internet marketing

Internet marketing merupakan bagian dari digital marketing. Dan juga menjadi bagian terpenting dari digital marketing karena sebagian besar aktivitas dan anggaran pemasaran digital dilakukan lewat internet marketing.

Saluran utama internet marketing meliputi :

Website : Baik website Pribadi maupun website perusahaan atau bahkan blog pribadi yang gratisan ( seperti WordPress atau Tumblr). Kebanyakan kampanye melalui website selalu mempunyai titik awal dan tujuan akhir. Contoh : ketika kampanye melalui pemasaran digital untuk mempromosikan website kita {titik awal) dengan maksud untuk mendapat lebih banyak pengunjung ke website kita (tujuan akhir).

Search Marketing (SEM) : Search Marketing adalah dasar dari Internet Marketing yang terdiri dari dua kegiatan penting yaitu SEO (Search Engine Optimization) dan PSA (Paid Search Advertising).
SEO berkaitan dengan teknik optimalisasi pencarian kata kunci agar tampil di peringkat paling tinggi pada mesin pencari. Sedangkan PSA berkaitan dengan pemasangan iklan di mesin pencari untuk mendapatkan pengunjung. Metode yang biasa digunakan adalah Pay Per Click (PPC) dan perangkat yang cukup terkenal adalah Google Adword yang memberikan keleluasaan pada anda untuk memasang iklan di google dan mitra kerjanya.

Social Media Marketing : pemasaran lewat media sosial merupakan bagian dari internet marketing dan mendapat perhatian yang sangat besar dari para pemasar beberapa tahun terakhir. Jutaan pengguna menghabiskan sebagian besar waktu online di Facebook, Twitter, Instagram, Google plus, Pinterest, Youtube, Linkedin dan sosial media lainnya. Dan fakta ini, membuat para pemasar digital selalu memperhatikan media sosial sebagai bagian dari kampanye pemasaran digital mereka.

Email Marketing : era pemasaran melalui email masih terus berlanjut, dan merupakan alat yang sangat diperlukan di setiap kampanye digital marketing. Walaupun pengaruh media sosial yang begitu besar, email tetap merupakan cara yang efektif dan efisien untuk menarik pembaca dan pengunjung menjadi pelanggan kita.
Dalam Hal pemasaran, email marketing merupakan proses pengumpulan alamat email dari orang yang tertarik dengan produk atau jasa kita, dengan cara mengirimkan mereka newsletter maupun penawaran.

belajar digital marketing

 

Mobile Marketing : Saat ini, diperkirakan 50% pengguna mencari website, media sosial, produk maupun jasa untuk dibeli melalui smartphone. Bisa jadi tahun mendatang meningkat menjadi 90 %.

Pemasaran melalui mobile membuat konten yang tampilannya enak dilihat sesuai dengan bentuk dan ukuran handphone pengguna. Iklan yang ditampilkan harusnya dapat menunjukkan alamat toko terdekat yang menjual produk dan jasa tersebut.

Banner Advertising : Kita dapat menemukan sebagian besar spanduk iklan digital di property web seperti : websites, web mobile aplikasi mobile , mesin pencari, newsletter, Facebook, Twitter, YouTube, dan lainnya. Pemasar digital mempromosikan produk dan jasa mereka melalui beberapa tipe spanduk digital (statis, text, animasi, gambar, video) dengan platform yang berbeda.

internet marketing

Kesimpulan :
Internet marketing merupakan salah satu bagian dari digital marketing. Atau bila kita berbicara mengenai digital marketing itu mengenai Internet marketing plus SMS, WebTV and digital advertising.
Jadi sepengetahuan penulis, sebagain besar kursus digital marketing yang diselenggarakan oleh lembaga kursus hanyalah kursus internet marketing.
Bahkan sebagian besar kursus internet marketing tapi isinya hanyalah kursus Search Marketing (SEM) yang berisi SEO dan google adword.

Sumber : Mataweb

Incoming search terms:

  • perbedaan internet marketer dan digital marketer
  • perbedaan internet marketing dengan mobile marketing
  • contoh digital marketing dan internet marketing
  • perbedaan istilah digital marketing dan marketer digital
  • perbedaan internet narketingbdan digital marketing
  • perbedaan internet marketing dengan electronic marketing
  • perbedaan internet marketing dan digital marketing
  • perbedaan internet dan digital marketing
  • marketing internet
  • perbedaan kursus internet marketing dan digital marketing
  1. ADMIN , Berasal dari kata administrator, yaitu seseorang yang mempunyai tingkatan tertinggi dalam suatu jaringan dan bertugas untuk mengatur jaringan tersebut
  2. ANONYMOUS, Tidak diketahui atau bisa siapa saja
  3. ATTACHMENT, Proses menambahkan suatu file ke dalam pesan yang akan dikirim
  4. BACKLINKS, Tautan yang tidak tampak, yang mengarah pada suatu link atau tautan tertentu
  5. BANDWIDTH , Ukuran atau kemampuan suatu jaringan dalam memproses paket data yang dikirim, biasanya berhubungan dengan kapasitas dan kecepatan koneksi
  6. BANNED, Situasi dimana suatu akun atau individu terkena sangsi, atau di abaikan.
  7. BLOG, Singkatan dari web log, yaitu halaman situs yang rutin memuat topik tertentu serta memiliki urutan sesuai tanggal dan waktu pembuatan, contohnya adalah Gado-Gado.Asia  🙂
  8. BANNER, Gambar informasi yang ditampilkan pada sebuah situs, biasanya berbentuk iklan
  9. BOOKMARKS, Penandaan suatu halaman situs yang disukai agar mudah dicari di kemudian hari, biasanya tersimpan pada browser
  10. BROADBAND , Jaringan internet dengan kecepatan tinggi
  11. BROWSER , Aplikasi untuk membuka atau menampilkan halaman website
  12. BUG, Kesalahan pada aplikasi atau kode pemprograman pada aplikasi umum maupun aplikasi website
  13. CAPTCHA , Kode verifikasi berbentuk gambar untuk menghindari proses otomatisasi pada pengiriman pesan atau permintaan.
  14. CC, Pada email CC adalah kepanjangan dari Carbon Copy atau salinan pesan untuk dikirim. CC juga bisa berarti Credit Card atau kartu kredit
  15. COLLISSION, Suatu situasi dimana terjadi tabrakan antar paket data pada suatu jaringan, yang menyebabkan terjadinya kesalahan pada pengiriman data tersebut
  16. COLLOCATION SERVER, Jenis server, dimana server yang berasal dari satu pihak ditempatkan pada suatu tempat yang tidak berkaitan dengan pemilik server tersebut agar terus terhubung dengan jaringan internet. Ibaratnya server tersebut adalah penyewa rumah yang menyewa sebuah rumah untuk jangka waktu tertentu.
  17. CPANEL, Berasal dari kata Control Panel, yaitu suatu aplikasi website untuk mengontrol penyimpanan data pada website tersebut, biasanya dibuka pada port 2082 atau 2083
  18. CRASH , Kesalahan atau kerusakan yang berakibat pada tidak bisa dibukanya suatu aplikasi
  19. CRAWL, Proses penjelajahan suatu halaman situs beserta kode yang ada didalamnya, dilakukan oleh robot dari mesin pencari
  20. CSS, Singkatan dari Cascading Style Sheet, yaitu kode aplikasi halaman situs yang berfungsi membentuk tampilan atau desain halaman situs tersebut
  21. CSS3, Generasi terbaru dari CSS dengan tampilan yang lebih menarik
  22. DATABASE, Tempat penyimpanan seluruh data website
  23. DDOS, Singkatan dari Distributed Denial Of Service, yaitu proses pengiriman serangan untuk mngganggu kinerja sebuah website beserta tempat meletakkan server tersebut, serangan yang umum dan sering dilakukan adalah dengan mengirim paket data secara besar – besaran dalam jangka waktu tertentu
  24. DEDICATED SERVER, Tempat meletakkan aplikasi online atau halaman website secara khusus, dimana server terpisah dari yang lain, ibaratnya satu rumah khusus untuk satu orang
  25. DELAY, Keterlambatan paket data yang disebabkan rendahnya kecepatan atau gangguan
  26. DNS, Singkatan dari Domain Name Service, yaitu sistem pemetaan alamat ip yang berupa angka ke alamat host atau domain yang berupa huruf, sehingga dapat lebih mudah diakses dengan nama yang mudah di ingat, bukan dengan angka yang merupakan alamat sebenarnya.
  27. DOMAIN , Alamat suatu halaman atau penanda khusus suatu alamat yang berbentuk rangkaian huruf yang mudah di ingat
  28. DOWNLOAD, Proses atau tindakan mengambil data dari jaringan online internet
  29. E-COMMERCE, Suatu sistem pemasaran melalui media internet, ibaratnya toko yang dibuka di internet dan dapat diakses dari seluruh dunia
  30. FREEWARE, Aplikasi gratis yang dapat digunakan tanpa harus membeli aplikasi tersebut
  31. FTP, Singkatan dari File Transfer Protocol yaitu sistem pengaturan data antara komputer server dengan komputer klien.
  32. HACKER , Seseorang yang ahli dalam bidang IT, khususnya dalam jaringan
  33. HOME , Halaman awal sebuah website atau blog
  34. HOMEPAGE , Halaman awal atau halaman depan sebuah website atau blog
  35. HOSTING , Tempat penyimpanan data sebuah website pada suatu komputer yang terhubung dengan jaringan internet selama 24 jam, sehingga dapat di buka secara online
  36. HTML5, Generasi terbaru dari HTML dengan ciri khas tampilan yang lebih sederhana tetapi enak dilihat serta elegan atau mewah
  37. HTML, Singkatan dari Hyper Text Markup Language, yaitu bahasa pemprograman untuk membentuk suatu halaman situs
  38. HTTP, Singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol, yaitu suatu protokol atau penghubung antara server dan web sehingga halaman situs dapat dibuka
  39. INTERFACE, Tampilan desain sebuah halaman situs
  40. INTERFERENCE, Gangguan pada lalu lintas paket data secara online
  41. INTERNET FILTERING, Proses pembatasan alamat situs yang dapat dibuka pada penyedia layanan internet.
  42. INTERNET SERVICE PROVIDER, Penyedia jasa layanan internet
  43. IP, Singkatan dari Internet Protocol, yaitu protokol di jaringan internet yang mengurus proses pengalamatan dan pengiriman paket data sehingga sampai pada tujuan
  44. KEYWORD, Kata kunci untuk menjelaskan isi suatu halaman situs agar dapat dicari
  45. LAG, Proses keterlambatan sampainya suatu sinyal internet
  46. LICENSE, Hak kepemilikan
  47. LINK, Alamat atau tautan suatu situs
  48. LOAD, Proses mengambil isi suatu halaman situs
  49. LOGIN / LOG ON, Proses masuk kedalam suatu situs atau jaringan
  50. LOGOUT / LOG OFF, Proses keluar dari suatu situs atau jaringan
  51. MAILING LIST, Fasilitas berkirim surat pada suatu situs, dimana jika telah mendaftarkan diri sebagai peserta, maka akan secara otomatis mendapatkan pesan dari anggota lain yang mengirim pesan email ke mailing list tersebut.
  52. MALWARE, Aplikasi yang berpotensi membahayakan jika dibuka, dan biasanya diselipkan dalam suatu aplikasi
  53. MONETIZE, Suatu tindakan mengkomersilkan suatu konten online, sehingga dapat menghasilkan uang
  54. NAMESERVER, Nama atau alamat server untuk menghubungkan antara domain dan hosting
  55. NETWORK, Suatu jaringan yang terdiri dari lebih dari satu komputer atau perangkat, dimana terdapat perangkat yang bertindak sebagai server serta ada juga yang sebagai klien atau pemakai
  56. NEWBIE, Istilah untuk pemula
  57. NETWORK NOISE, Gangguan pada pengiriman paket data
  58. OFFLINE, Tidak terhubung dengan jaringan internet
  59. ONLINE, Terhubung dengan jaringan internet
  60. PAGERANK, Ranking atau tingkatan sebuah alamat situs
  61. PASSPHRASE, Kalimat yang menjadi kata sandi
  62. PASSWORD, Kata sandi khusus untuk masuk kedalam suatu situs ataupun jaringan
  63. PHISING, Website palsu untuk melakukan penipuan maupun pencurian data
  64. POP, Singkatan dari Post Office Protocol yaitu protokol yang digunakan untuk mengambil atau menerima sebuah email
  65. PREVIEW, Contoh tampilan
  66. RESELLER, Penjualan kembali pada tangan kedua, seperti makelar atau perantara pada produk online
  67. RESPONSIVE, Tampilan tema yang menyesuaikan desain situs dengan perangkat yang digunakan untuk membuka situs tersebut, misalnya suatu halaman yang berubah bentuk saat dibuka melalui browser handphone, sehingga mudah digunakan walau melalui perangkat handphone.
  68. RDP, Singkatan dari Remote Desktop Protocol, yaitu suatu protokol yang memungkinkan kita untuk menggunakan suatu komputer server secara online seperti menggunakan komputer sendiri. Protokol ini tersedia pada sistem Windows
  69. SCAMPAGE, Halaman situs jebakan yang digunakan untuk menipu atau mengumpulkan data penting pengunjungnya, seperti alamat email, password, rekening, ataupun data kartu kredit.
  70. SEO, Singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu suatu proses peningkatan kinerja halaman situs agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari yang akhirnya meningkatkan tingkat kunjungan website
  71. SEARCH ENGINE, Mesin pencari halaman website sesuai keinginan
  72. SERVER, Komputer induk yang mengatur lalu lintas jaringan secara online ataupun penyimpanan data secara online selama 24 jam nonstop
  73. SHARE / SHARING, Berbagi atau dibagikan antara beberapa pemakai
  74. SHAREWARE, Aplikasi yang bebas untuk di download, tetapi memiliki jangka waktu pemakaian, setelah jangka waktu pemakaian habis, jika ingin terus menggunakannya harus dibeli
  75. SMTP, Singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol, yaitu protokol yang mengurus proses pengiriman email
  76. SPAM, Sering juga disebut pesan sampah, yaitu pesan yang dikirimkan melalui media online email, Platfrm chat dll yang biasanya berisi iklan, ajakan, ataupun digunakan untuk menipu serta dikirimkan dalam jumlah besar
  77. SSL, Singkatan dari Secure Socket Layer, yaitu suatu metode pengacakan data pada web server untuk melindungi data dari pembajakan atau penyusupan
  78. STREAMING, Proses membuka media secara online, biasanya berkaitan dengan media video dan audio
  79. SURFING, Proses mengunjungi atau membuka halaman – halaman situs di internet
  80. SUSPENDED, Tidak dapat dibuka, atau ditutup. Bisa berdampak sementara ataupun permanen
  81. TTL, Singkatan dari Time To Live, yaitu suatu bagian pada IP yang menentukan lama penyimpanan data sebelum dihapus
  82. TLD, Singkatan dari Top Level Domain, yaitu nama domain yang berada di tingkatan atas, terdiri dari dua bagian, yaitu yang terdiri dari dua huruf dan yang terdiri dari tiga huruf
  83. TOKEN, Suatu pengendali pada media transmisi data agar dapat dibuka
  84. TAG, Penanda suatu konten online agar mudah dicari
  85. TIME OUT, Suatu situasi dimana waktu tunggu sinyal internet yang telah ditentukan oleh penerima data telah habis dan lewat, sehingga sinyal data diputus oleh jaringan
  86. TRAFFIC, Lalu lintas jaringan
  87. UPDATE, Pembaruan isi suatu media online
  88. UPLOAD, Mengirim data ke penyimpanan online, agar dapat dibuka secara online melalui jaringan internet
  89. USER, Pengguna
  90. VPS, Singkatan dari Virtual Private Server, yaitu sebuah server yang telah dibagi – bagi ke dalam beberapa server virtual yang memiliki spesifikasi berbeda pada tiap server, seperti sistem operasi, kapasitas ram, kapasitas penyimpanan data, kuota bandwith pada tiap server virtual tersebut.
  91. WEB VULNERABLE, Celah keamanan pada sebuah situs yang dapat menyebabkan situs dimasuki penyusup
  92. WEBMASTER, Seorang yang bertanggung jawab mengurus sebuah situs
  93. WAP, Singkatan dari Wireless Application Protocol, yaitu protokol yang memungkinkan sebuah website dapat dibuka pada handphone
  94. WATERMARK, Gambar atau tulisan yang tercetak samar pada suatu konten online sebagai penanda pemilik konten tersebut
  95. WEBSITE, Halaman situs yang terletak pada satu alamat unik atau berbeda antara satu dengan yang lainnya
  96. WHM, Singkatan dari Website Hosting Manager, yaitu suatu halaman pengaturan khusus pada penyedia jasa website hosting dimana proses pendaftaran nama domain serta pembuatan akun hosting dapat dilakukan pada panel ini. Halaman ini secara umum dapat dibuka pada port 2086 atau port 2087, contohnya www.domainnya.com:2086Tampilan Gambar Panel WHM
  97. WHOIS, Aplikasi pada halaman situs untuk mengetahui detail sebuah alamat atau nama domain
  98. WIDGET, Aplikasi tambahan pada sebuah website atau blog
  99. WIRELESS, Proses pengiriman sinyal data tanpa menggunakan kabel
  100. WWW, Singkatan dari World Wide Web, yaitu suatu kumpulan halaman situs di internet yang membentuk suatu kesatuan.
  101. PPC, Pay Per Click – Dimana Kita memmbayar kepada Publisher untuk setiap Iklan yang di Klik
  102. Dropship, Kgiatan Menjual barang atau Produk Orang Lain, tanpa harus bermodal atau stock barang
  103. Adsense, program kerjasama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.
  104. CPA, CPA adalah salah satu jenis Affiliate Marketing, dimana kita mempromosikan website vendor dengan imbalan sekian dollar untuk setiap action oleh pengunjung. Action bisa berupa memasukkan email, zip code, download software, dan lain-lain. Dalam CPA Marketing kita tidak perlu menjual apa pun, artinya untuk mendapatkan penghasilan pengunjung tidak perlu membeli apa pun. Cukup dengan ‘action’ seperti yang disebutkan di atas.
  105. GROWTH HACKING adalah teknik pemasaran yang dikembangkan oleh perusahaan di bidang teknologi yang menggunakan kreativitas, berpikir analitis, dan metrik sosial untuk menjual produk dan mendapatkan eksposur. Hal ini menjadikan growth hacking menjadi sebuah bagian dalam ekosistem pemasaran online, Seperti yang telah terlihat dan teruji bahwa GROWTH HACKER ( Orang yang ahli dan menggunakan strategi growth hacking) sangat pandai dan ahli dalam menggunakan teknik seperti optimasi mesin pencari (SEO), menganalisa website,pembuatan konten marketing dan pengujian A / B.
  106. A M E – Account Manager Error – akun Facebook ads Anda dibanned/blokir. Dtandai dengan Flag (Bendera) – Umumnya di karenakan melanggar Ketentuan dan Peraturan Facebook dalam beriklan .
  107. CDN kepanjangan dari Content Delivery Network atau Content Distribution Network atau dalam bahasa indonesia disebut Jaringan Pendistribusian Konten. CDN adalah sebuah sistem jaringan server untuk mendistribusikan konten yang ada dalam sebuah aplikasi/web ke berbagai pengakses/pengguna di berbagai belahan dunia agar data/konten yang dikirim diterima lebih cepat. CDN diperuntukkan untuk website atau aplikasi yang pengaksesnya dari berbagai belahan dunia. Misalnya (example ) web pirantisofthouse.com yg berada di USA akan tetap mudah dan ringan di akses di IP indonesia , karena menggunakan tehnologi cdn dimana server sub berada di indonesia .
  108. PROXY adalah server yang menyediakan suatu layanan untuk meneruskan setiap permintaan user kepada server lain yang terdapat di internet. Atau definisi proxy server yang lainnya yaitu suatu server atau program komputer yang mempunyai peran sebagai penghubung antara suatu komputer dengan internet.

 

Dari Berbagai Sumber .

Disusun oleh :

candra haksono

 

 

 

Incoming search terms:

  • Contoh kalimat dengan menggunakan kata kunci dunia digital
  • Istilah bahasa inggris dalam dunia digital
  • istilah dalam dunia digital
  • kalimat menggunaian kata kunci dunia digital
  • KAMUS ISTILAH DALAM DIGITAL MARKETING (X-Y)
  • kata kuncinya dunia digital
  • kata yang berkaitan dengan digital
TOP

Klik salah satu representatif kami untuk memulai chat

Chat with us on WhatsApp